Total Tayangan Halaman

Senin, 29 Oktober 2012

soeara pemuda untuk perubahan

Standard

suara pemuda untuk perubahan iklim

Sekelompok pemuda yang usianya berkisar 16 - 25 tahun nampak selalu memadati areal Civil Society Forum, mereka nampak konsen dalam setiap workshop yang digelar oleh CSO. Sementara disekitar areal sidang pun tidak kalah ramainya kaum muda mendominasi pertemuan2 side event. Meski mereka tidak hanya menjadi peserta dari NGO namun banyak pula yang terlihat ikut dalam rombongan delegasi negaranya,maklumlah forum PBB kali ini menempatkan secara khusus adanya kaukus pemuda yang digarap untuk mendengarkan suara2 dari pemuda dalam rangka merespon isu pemanasan global. Sebab dengan kesadarannya maka kaum muda sebenarnya menjadi penentu arah kedepan bumi ini, seorang pemuda asal kanada bernama Dani yang kebetulan ia menjadi delegasi pemuda dari Kanada mengungkapkan bahwa "pemuda harus memikirkan bumi terlebih dahulu bukan kekuasaan ataupun politik sebab bumi kita harus diselamatkan" petikan beliau ketika berbincang2 sejenak menjelang side event tanggal 5 desember.

Di kesempatan lain aktivis WALHI mengatakan bahwa anak muda sekarang terlalu terbawa oleh arus pop culture dan budaya penyeragaman sehingga identitasnya menjadi seragam hal ini disampaikan ketika menyampaikan kalimat dalam workshop yang berlangsung dalam CSO compound ketika sedang memberikan penjelasan mengenai perubahan iklim kepada kaukus pemuda. Sedangkan dalam pertemuan side event lainnya mengenai leading be inspired DR. Emil Salim sebagai pemimpin delegasi Indonesia menyatakan bahwa kaum muda saat ini sudah waktunya untuk memikir masa depan bukan hal2 jangka pendek seperti pemilu dan politik tahun 2009 kita harus menuju ke depan, dan dalam pesan penutupnya ia mengatakan jadikanlah generasi muda saat ini menjadi generasi harapan dan langsung mendapat tepukan tangan meriah dari audiens yang hadir. Aktif, konsen, dan pedulinya kaum muda dalam pertemuan ini harus dijadikan motor terdepan untuk bergerak secara nyata mengenai perubahan iklim dan jangan dijadikan mereka hanya sebagai komoditas kampanye sesaat agar meramaikan aksi konferensi tersebut. Sebab kaum muda inilah yang menjadi kena dampak berpengaruh dari proses alam pemanasan global dan ini dapat terkena hingga sektor kehidupan mereka yang paling kecil. Apa yang telah dilakukan dengan mendidik kaum muda mengenai perubahan harus dibarengkan dengan cara2 langkah yang tepat untuk memasang kaum muda menjadi garda terdepan dalam rangka mencegah terhadinya pemanasan global yang lebih parah. Suara kaum muda ini jangan hanya yang berada dalam konferensi saja melainkan dari luar arena pun perlu didengungkan sebab kalo kita mau bicara hal terdekat saja anak muda di pulau bali sendiri belum banyak yang memahami secara penuh apa itu perubahan iklim atau pun pemanasan global. Ini perlu dipikirkan oleh para peserta baik itu delegasi ataupun NGO.

Selasa, 23 Oktober 2012

Standard

MENGENAL DIRI (Siapa Aku?)

Posted by haris widodoKamis, 23 Februari 201213 komentar
Siapa aku ini?

Anda mungkin sering mendengar tentang pentingnya pemahaman akan diri sendiri. Siapa pun memang harus mengenal dirinya sendiri. Namun, pemahaman diri tersebut tidak bisa dicapai dengan mudah. Secara terus-menerus kita harus menggali siapa diri kita, secara mendalam.
Jika hanya sekedar menjawab pertanyaan tentang identitas diri, tempat dan tanggal lahir, alamat, pekerjaan dan sejenisnya, kita mungkin tidak akan mengalami kesulitan. Namun, sebenarnya pahamkah kita terhadap diri kita sendiri? Siapakah kita sebenarnya? Untuk apa kita lahir dan hidup? Seperti apakah kehidupan kita nanti? Dan sebagainya. Menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dengan mendalam tidaklah semudah yang dibayangkan.



Siapakah aku ini?

Jika anda ditanya, "siapakah anda?", tentu akan ada beraneka jawaban dari setiap orang. Untuk membantu menjawab pertanyaan itu, sedikitnya ada etap sudut pandang yang dapat dijadikan landasan.
Dari sudut pandang spiritual setidaknya jawaban yang mungkin adalah sebagai berikut.

1. Aku adalah makhluk ciptaan Allah yang disebut manusia.

2. Aku diciptakan Allah sebagai tanda terbesar atas kuasa-Nya di muka bumi. 

3. Aku adalah manusia yang diberi tanggung jawab oleh Allah untuk menjaga, mengolah dunia sehingga berkembang dan berarti bagi kehidupan seluruh makhluk ciptaan Allah.

4. Berdasarkan agamamu mungkin bisa diberi jawaban.



Sebenarnya ada cukup banyak sudut pandang lain, yang dapat menambah jawaban pertanyaan tentang "siapa diri kita", seperti halnya sudut pandang hukum, ekonomi, atau hak manusia.
Standard

Rahasia Rumus-rumus “Cepat” Matematika

OlehAl Jupri
Dulu, ketika saya masih baru menjadi mahasiswa baru tingkat pertama, saya berkenalan dengan salah seorang mahasiswa baru lainnya yang di kemudian hari menjadi teman baik saya. Ketika awal perkenalan, kami pun ngobrol kesana-kemari. Tanya sana-tanya sini. Jawab sana, jawab sini. Hingga ia pun akhirnya bercerita bahwaa nilai tes Matematika Dasar-nya, yaitu salah satu mata pelajaran yang diujikan di UMPTN*, adalah 100 alias benar semua.
Mendengar ceritanya tersebut, saya pun terkagum-kagum dibuatnya. Dalam pikiran saya, saya berkesimpulan “Wah ia pasti orang yang sangat pandai”. Rasa kagum saya mendorong rasa ingin tahu saya tentang pengetahuannya dalam matematika. Akhirnya, dalam masa awal perkenalan itu, saya ajak ia ngobroltentang matematika yang sudah pernah kami pelajari ketika semasa SD sampai SMA dulu.
Dari obrolan tersebut, saya jadi tahu, ternyata ia benar-benar luas pengetahuan tentang matematika yang sudah dipelajarinya. Hingga akhirnya, mungkin untuk menunjukkan kepiawaiannya, ia mengajak saya adu cepat mengerjakan soal matematika.
Mendapat tantangan itu, sebenernya saya ngeper juga. Karena saya merasa tak sepandai dirinya. Namun, karena ini namanya juga bukan lomba dan bukan apa-apa, saya sih mau saja waktu itu. Soal-soal pun dipilih secara acak dari buku kumpulan soal-soal latihan tes UMPTN* dan EBTANAS** beberapa tahun sebelumnya yang masih rajin ia bawa ke mana-mana. Kemudian, adu cepat menyelesaikan soal matematika pun dimulai.
Bagaimana hasilnya? Siapa yang tercepat?
Ternyata benar, dalam beberapa menit saja, teman saya itu berhasil menyelesaikan semua soal yang sudah dipilih tadi (karena yang dipilih cuma 3 soal sih). Dan ia keluar sebagai yang tercepat, menjadi pemenang. Sedangkan saya, satu soal pun belum mampu saya selesaikan. Waktu itu, saya terlalu berkutat dengan soal nomor pertama yang lumayan sukar untuk ukuran saya waktu itu. Walau sudah dengan segenap kemampuan saya berusaha menyelesaikannya, tapi ternyata, sampai waktu habis belum ketemu juga. Saya pun mengakui kelebihan dan kehebatannya.
Dengan sedikit malu-malu, saya bertanya padanya tentang soal yang belum bisa saya selesaikan tersebut. Sambil saya tanyakan pula kenapa ia begitu cepat bisa menyelesaikan soal-soal tersebut. Soal yang waktu itu belum bisa saya selesaikan adalah seperti berikut ini.
Soal: Bila a + 1/a = 5, maka nilai dari a3 + 1/a3 =…
Dengan cepat teman saya itu pun menyelesaikan soal tersebut seperti berikut ini:
a3 + 1/a3 = (a + 1/a)3 – 3a.1/a(a + 1/a) = 53 – 3(5) = 125 – 15 = 110.
Melihat cara penyelesaiannya, saya hanya bisa melongo waktu itu. “Cuma satu baris? Padahal saya mencoba menyelesaikannya berbaris-baris, dan belum ketemu juga”, itu yang ada di pikiran saya. Kemudian, saya pun bertanya ke teman saya itu, kenapa cara pengerjaannya seperti itu?
Dengan senang hati, ia pun menjelaskan ke saya. Ia katakan bahwa, soal semacam tersebut dapat dengan mudah diselesaikan dengan rumus “cepat” berikut ini.
a3 + b3 = (a + b)3 – 3ab(a + b) ………………………………..(1)
Dengan mengganti b dengan 1/a, katanya, maka soal tadi dapat diselesaikan dengan cepat seperti yang sudah dikerjakannya tadi.
Saya yang tak terbiasa menggunakan rumus “cepat” ketika di SMA dulu, penasaran ingin tahu alasan kenapa rumus “cepat” tersebut bisa dipakai. Tapi sayang, teman saya itu tak memberi tahu saya. Malahan ia menambah lagi rumus cepat yang sudah ia ketahuinya, yaitu:
a3 – b3 = (a – b)3 + 3ab(a – b)……………………………….(2)
Akhirnya, ngobrol-ngobrol pun beres. Ia bergegas pulang menuju kost-kost-annya. Saya pun begitu, pulang dengan rasa penasaran yang mengganjal.
Di kost-kost-an, dengan penuh rasa penasaran ingin tahu, saya pun mengutak-atik rumus “cepat” yang telah ia gunakan tersebut. Setelah beberapa waktu lamanya, akhirnya, terpecahkan juga rahasia rumus “cepat” yang dipakai teman saya tersebut. Saya berhasil menelusuri asal-muasal rumus “cepat” tersebut, berhasil menguak rahasianya. (Duh rasanya begitu senang sekali, tak bisa saya ekspresikan dengan kata-kata).
Hasil penelusuran saya tersebut, setelah saya rapikan, seperti berikut ini.
(a + b)3 = (a + b)2(a + b)
= (a2 + 2ab + b2)( a + b)
= a3 + a2b + 2a2b + 2ab2 + b2a + b3
= a3 + b3 + 3a2b + 3ab2
a3 + b3 + 3ab (a + b)
Jadi, (a + b)3 = a3 + b3 + 3ab (a + b).
Sehingga, a3 + b3 = (a + b)3 – 3ab (a + b). Rumus “cepat” (1) dapat saya buktikan kebenarannya. Kemudian, dengan cara serupa, saya pun berhasil menelusuri asal-muasal rumus “cepat” (2).
Walaupun apa yang telah saya lakukan tersebut sederhana, tapi bagi ukuran saya waktu itu adalah sesuatu yang menggembirakan hati, menyenangkan pikiran, dan memuaskan dahaga keingin-tahuan saya.
Sejak saat itu, bila ada rumus-rumus “cepat” yang saya temui di buku-buku bimbingan tes, saya pun terpacu untuk menelusuri asal-muasalnya. Dengan cara seperti itu, saya seringkali berhasil memecahkan rahasia rumus-rumus “cepat” yang selama ini beredar luas di kalangan siswa yang mengikuti bimbingan test.
Baiklah, segitu dulu saja ceritanya ya…, lain kali insya Allah saya akan membahas baik-buruknya penggunaan rumus “cepat” (Ada satu cerita yang sangat menggelikan tentang hal ini. Mau tahu? Silakan tunggu di postingan mendatang…). Sampai di sini dulu ya…, mudah-mudahan bermanfaat.
Sebagai bahan latihan untuk Anda, cobalah telusuri asal-muasal rumus-rumus “cepat” berikut ini.
  1. Persamaan garis yang melalui titik (0, a) dan (b, 0) adalah ax + by = ab.
  2. Perhatikan gambar berikut. Panjang PQ dapat ditentukan dengan mudah, yaitu:
    PQ = (AP. DC + DP. AB)/(AD)
rumus-cepat.jpg
Catatan:
*UMPTN: Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (Saat ini namanya SPMB)
**EBTANAS: Evaluasi Belajar Tahap Akhir Nasional (Saat ini namanya UAN)
Standard

Cara Praktis Memakai Jilbab Beragam Gaya

Jilbab bagi wanita muslimah merupakan sebuah kewajiban agama yang tersurat dalam berbagai ayat Al-Qur'an dan sabda-sabda Rasulullah. Oleh karena itu perlu kiranya bagi kaum hawa yang ingin melaksanakan perintah agamanya untuk memahami cara memakai jilbab ataupun kerudung.

Jilbab, selain berfungsi untuk menutupi aurat kaum hama yang disyaratkan agama, juga ternyata bisa memperindah dan mempercantik penampilan, ditambah lagi model kreasi dan gayanya itu sendiri semakin berkembang dan sudah memperhatikan estetika fashion serta penampilan, sehingga berjilbab bukan lagi style fashion kuno dan jadul, tapi sudah merupakan trend yang cantik. Terbukti begitu banyak artis baik dalam dan luar negeri yang mencoba memberikan contoh beragam mode jilbab modern.

Nah, bagi anda yang ingin mengetahui cara memakai jilbab yang praktis, berikut ini beberapa tipsdan tutorialnya :

Cara Memakai Jilbab Segi Empat

Cara memakai model yang satu ini sangat simple, caranya lipat jilbab segi empat menjadi segitiga. setelah itu ratakan sudut kanan dan kiri. jilbab bagian kanan ditarik kearah kiri, lingkarkan dan kaitkan dengan jarum. pertengahan jilbab di lengkungkan kebelakang. Untuk mempercantik penampilan, anda bisa menggunakan Bros atau asesories lain.

Cara Memakai Jilbab Syar'i Pashima

Pakailah penutup rambut ninja terlebih dahulu. Untuk mempercantik penampilan, gunakan headbanddengan warna yang sesuai dengan selera anda. Kemudian pasanglah Pashima Chiffon anda. Sisikiri pashmina harus lebih panjang daripada sisi kanan. Tarik bagian dalam pashmina sebelah kanan ke depan leher Anda. Arahkan ke dekat telinga kanan anda. Sematkan jarum pentul di atasnya. Tarik ujung lain dari pashmina yang tadi sudah Anda sematkan ke sisi kiri telinga Anda. Sematkan dengan jarum pentul. Pegang ujung pashmina sebelah kiri dan arahkan ke kanan di balik sisipashmina yang lebih pendek tadi. Letakkan ujung pashmina yang baru saja Anda pegang dan letakkan di telinga kanan. Sematkan dengan aksesoris kesukaan anda.

Cara Memakai Jilbab Paris Segi Tiga

Bentuk jilbab paris segi empat Anda menjadi segitiga. Pastikan sisi kanan lebih panjang daripada sisi kiri. Ambil sisi yang pendek dan letakkan di belakang leher Anda. Arahkan ke depan bagian badan Anda. Angkat sisi yang panjang ke atas kepala Anda. Tarik ujungnya hingga menyentuh sisi lain kepala Anda, sematkan dengan menggunakan jarum pentul. Pada bagian kanan dekat dahi Anda bisa pasang aksesoris yang anda sukai seperti bros dan sebagainya.

Itulah beberapa tips cara menggunakan Jilbab berbagai gaya dan style yang praktis serta bisa anda praktekkan langsung. :)

cara menghilangkan komedo

Standard

Cara-Cara Efektif Menghilangkan Komedo

Komedo memang menyebalkan, selain membuat wajah kita terlihat kasar, kusam dan seperti berbintik-bintik, juga membuat kita akan menjadi tidak pede alias kehilangan kepercayaan diri. Sebagaimana halnya dengan jerawat, komedo adalah semacam penyakit kulit wajah yang timbul biasanya akibat kurangnya kita dalam merawat kebersihan dan kesehatan kulit.

Maka mutlak bagi kita yang peduli akan penampilan untuk segera menghilangkan benda tersebut dari wajah kita. Penampilan yang kusam, kucel, apalagi jika komedo kita sampai berwarna hitam membuat kita menjadi tidakbisa efektif dalam bersosialisasi, apalagi kalau ada kepentingan bisnis.

Dibawah ini adalah beberapa tips dan cara menghilangkan komedo yang bisa anda coba dan efektif untuk memberantas permasalahan tersebut :
cara menghilangkan komedo hitam dan putih di hidung dan wajah

Cuci muka yang rutin
Mencuci muka dengan menggunakan sabun anti bakteri cukup efektif memberantas dan menghilangkan komedo. Seperti kita ketahui, salah satu faktor hadirnya komedo adalah bersemayamnya debu, kotoran-kotoran, makeup dan keringat di pori-pori kulit wajah dalam waktu yang lama. Dengan melakukan pembersihan wajah yang rutin sekitar 2 sampai 3 kali sehari, maka kita telah menyingkirkan salah satu faktor penyebab komedo.

Facial scrub
Facial Scrub bisa dipakai dalam proses pencucian muka yang memiliki fungsi untuk mengangkat sel kulit yang sudah mati dan mendorong tumbuhnya sel kulit yang baru. Sel kulit mati bisa menimbulkan komedo jika tidak segera dibuang. Dahi, hidung dan dagu merupakan "pusat" tumbuhnya komedo.

Menggunakan handuk hangat
Kain yang direndam di air hangat dan digunakan untuk mengkompress wajah berkomedo cukup efektif membantu mengenyahkan komedo. Selain membantu dalam proses pembesaran rongga pori-pori wajah, juga akan mendorong komedo keluar serta membantu pengangkatan komedo. Namun disarankan jangan terlalu lama dalam penggunaan haduk panas ini karena bisa menimbulkan iritasi.

Cream pemberantas jerawat
Ternyata, cream dan salep pemberantas jerawat bisa dipergunakan untuk mengangkat sel-sel matipenyebab komedo, terutama yang memiliki kandungan benzoil peroksida, karena kandungan ini merupakan bahan kimiawi yang bisa membunuh bakteri, meyerap minyak dan tentu saja mampu mengikis komedo serta jerawat dengan cepat.

Facial rutin
Melakukan facial dengan rutin adalah cara efektif menghilangkan komedo, apalagi jika ditangani oleh orang-orang yang ahli serta profesional dibidangnya. 

Baking Soda
Selain sebagai bahan untuk sikat gigi, baking soda bisa dipakai untuk menumpas sel kulit matipenyebab komedo karena kemampuannya menyedot kelebihan minyak dikulit wajah serta membunuh bakteri. Oleskan ramuan ini dibagian wajah yang berkomedo, diamkan sekitar 20-30 menit dan kemudian di cuci dengna air bersih. Usapkan ramuan ini ke atas permukaan muka yang berkomedo, diamkan sepanjang 20 menit, selanjutnya cuci dengan air bersih.

Konsultasi ke dokter kulit
Jika dengan segala upaya komedo tetap susah untuk dihilangkan sementara anda perlu untuk berpenampilan prima di acara-acara tertetu, maka ada baiknya berkonsultasi dengan dokter kulit. Dokter bisa membantu dengan memberikan cairan kortison di wajah yang berfungsi mengurangi pembengkakan dan menyembunyikan penampakan komedo. Perlu di ingat penyuntikan Kortison tidak bisa dilakukan terus menerus, dan hanya salah satu cara untuk membuat seolah penampilan wajah kita bersih.

ipa vs ips ?

Standard

IPA vs IPS ?

 

OPINI | 23 February 2012 | 16:52Di

IPA vs IPS
IPA vs IPS
Hai sahabat X ( Sepuluh ) SMA ! Sebentar lagi kita akan menghadapi yang namanya penjurusan. Menurut survey saya, banyak anak muda yang galau memilih IPA ( Ilmu Pengetahuan Alam ) atau IPS ( Ilmu Pengetahuan Sosial ). Bagi beberapa sekolah, sudah di mulai penjurusan dari kelas X semester 2.
Masalah terjadi ketika ada debat yang mengatakan bahwa anak IPS itu bodoh, rendahan, dan malas. Sedangkan IPA itu di dominasi anak-anak yang pintar, rajin, dan berprestasi. Saya mengatakan ITU SALAH BESAR ! Tidak ada beda antara anak IPA dan IPS, yang penting minat, kemampuan, dan bagaimana cara murid itu bertanggung jawab atas jurusan yang dia pilih.
Di lain sisi, ada yang mengatakan IPA itu pelajaran “orang sibuk” . Hey, saya di IPS, dan saya pun cukup sibuk untuk belajar mengenai IPS.
Anak IPA bilang anak IPS lemah, bodoh, dsb. Anak IPS bilang anak IPA rasis, tidak pakai otak dalam berbicara,dsb. Apa masalahnya ? Tidak ada kasta dalam pemilihan jurusan. Yang penting minat + bakat + bertanggung jawab atas keputusan anda.
Menurut saya, kelebihan IPA itu bisa mengambil banyak jurusan di kuliah nanti. Apalagi bila minatnya menjadi dokter, ataupun arsitek. Tapi sayangnya, IPA lebih bekerja di dalam ruangan. Seperti dokter, ahli mesin, dsb. Saya dan beberapa teman yang cukup menonjol di IPA mengakui bahwa pelajaran IPA sedikit lebih ribet. Namun, bukan berarti ilmu IPS lebih gampang bukan ? Semua punya tingkat kesulitan masing-masing dan rajin tidaknya si murid. Anak IPA intinya mempelajari ilmu pasti, alam, maupun eksak.
Fakta anak IPA ;
■ Identik dengan metode ilmiah yang mengutamakan logika
■ Jawaban atas pertanyaan soal adalah pasti dan tidak bisa diganggu gugat
■ Ex : Teknik, Kedokteran, Keperawatan, Ilmuwan (BIologi, Kimia, dll), Psikologi
■ Bisa lintas jurusan begitu memilih PTN, karena terbiasa terlatih logika dan penalarannya
■ Perlu waktu dan suasana yang khusus (konsentrasi tinggi) untuk mempelajari IPA
■ Sering terlihat belajar terus, seperti tidak ada waktu santai
■ Banyak siswa IPA, yang akhirnya memilih jurusan IPS ketika kuliah
Kelebihan IPS antara lain bisa mengambil jurusan yang nantinya bisa bekerja di luar ruangan seperti reporter, jurnalis, fotografer, dll meskipun ada juga yang di dalam ruangan seperti akuntan, dsb.
Saya sendiri menilai bahwa IPA lebih banyak hitungan,meskipun ada beberapa hafalan juga. Sedangkan IPS lebih banyak hafalan meskipun ada hitungan nya juga. Anak IPS mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan masyarakat
■ Bukan santai, tetapi pelajarannya membutuhkan penalaran dan kekrtitisan dalam berpikir
■ Informasi kemasyarakatan terus berkembang setiap hari, sehingga harus rajin membaca
■ Saat ini, dunia kerja membuka lapangan yang luas untuk jurusan Sosial. Dengan catatan, lulusan harus luwes, aktif dan tanggap terhadap perubahan sosial.
■ Masih punya waktu untuk bergaul, sehingga wawasan tentang kemasyarakatan bisa bertambah
■ Ex : Sosiologi, Geografi, Ekonomi, Akuntansi, Bahasa, Hukum, Sosial Politik
■ Bisa namun, agak sulit untuk lintas jurusan ketika PTN
Bagaimana dengan anak yang mau IPS tetapi di paksa orang tuanya IPA atau sebaliknya ? Saran saya, ada baiknya anda sharing ke orang tua anda dengan baik-baik bahwa anda punya hati di IPA/IPS dan berkomitmen akan memberikan hasil terbaik di IPS. Bagi anda orang tua, yang membaca tulisan saya, ada baiknya anda bertanya pada anak anda, di mana minat dia. Jangan memaksakan anak, karena nanti hasilnya sia-sia. Uang terbuang sia-sia, anak tidak maksimal, dan membuang emosi masing-masing pihak.
Saya punya beberapa tips buat teman-teman yang lagi bingung mau ambil jurusan apa nanti..
1. Pikirkan cita-cita anda. Dokter ? Sudah pasti IPA. Tapi bagaimana dengan yang mau fotografi atau design grafis ? Saya sarankan anda masuk IPS. Jangan sampai sudah penjurusan, anda memilih IPS, tapi ingin jadi dokter di tengah jalan.
2. Jangan ikut-ikutan teman. Banyak sekali anak-anak yang terjebak di situasi yang sebenarnya mereka tidak inginkan, dan semua beralasan karena ikut-ikutan teman. Pilih sesuai bakat anda.
3. Bila kamu mau di dua jurusan tersebut dan berpotensi, lihat juga nilai-nilai anda. Lebih besar yang mana. Karena biasanya anda akan termotivasi untuk melakukan hal yang lebih baik lagi.
4. Tanya orang tua, bagaimana pendapat mereka, karena orang tua tahu yang terbaik buat anaknya.
5. Tanya kakak / kakak kelas yang sudah lebih dulu mendahului mu memasuki tahap penjurusan, tanya bagaimana pendapat mereka mengenai jurusan yang mereka ambil. Ini bisa jadi bahan pertimbangan buat anda juga.
6. Tidak ada salahnya anda bawa dalam doa. Tanpa membedakan agama, ada baiknya anda berdoa agar anda di beri hikmat oleh-Nya agar memilih jurusan yang tepat.
7. Kalau anda tipe pemikir, suka dengan tantangan, serius, tidak mudah percaya, memiliki kemampuan berhitung, imajinasi, dan abstraksi yang tinggi, IPA adalah pilihan yang tepat.
8. Kalau anda bertipe pede, nggak malu untuk tampil, banyak ngomong, mudah bergaul, punya rasa sosial yang tinggi, dan daya ingat tinggi, cepat mengahafal atau mengingat sesuatu, IPS adalah pilihan yang tepat.
Jadi, mari memilih jurusan yang tepat bagi anda. Jangan menyesal di kemudian hari, dan STOP MEMBEDA-BEDAKAN JURUSAN !

Senin, 22 Oktober 2012

Standard

PENGGOLONGAN MATERI (SMA X SEM 1)

Skema Klasifikasi Materi
( berdasarkan komposisi kimia )


 




   I.      Zat Tunggal ( Zat Murni )
ü  Zat tunggal adalah suatu zat yang komposisinya terdiri atas zat-zat dengansifat kimia yang sama.
ü  Zat tunggal (zat murni) terdiri dari sejenis materi.
Contohnya : karbon, belerang, oksigen, air, alkohol
  
A.                   UNSUR
·         Unsur adalah zat tunggal yang tidak dapat diuraikan lagi secara kimia menjadi zat-zat lain yang lebih sederhana.
·         Unsur merupakan zat tunggal yang paling sederhana dari materi.
Contohnya : H, C, N, P, Fe, Au, Mg
  
o    Lambang Unsur ( Lambang Atom )
Menurut Jons Jakob Berzelius (Swedia) :
Ø  Setiap unsur dilambangkan dengan satu huruf yaitu huruf awal dari nama Latin unsur yang bersangkutan dan ditulis dengan huruf besar / kapital.
Ø  Unsur yang mempunyai huruf awal yang sama, lambangnya dibedakan dengan menambahkan satu huruf lain dari nama Latin unsur tersebut; yang ditulis dengan huruf kecil.
Contohnya : Perhatikan Lampiran 2 Buku Paket Kimia!

B.                   SENYAWA
v  Senyawa terbentuk oleh perikatan kimia dari dua atau lebih jenis unsur.
v  Sifat suatu senyawa berbeda dengan sifat unsur penyusunnya.
Contohnya : senyawa H2O(l) dan NaCl(s)


  II.      Campuran
Campuran adalah materi yang terdiri atas 2 (dua) atau lebih zat dan masih mempunyai sifat zat asalnya.
Contohnya : larutan garam, air lumpur, santan
ü  Permasalahan : Apa perbedaan bersenyawa dengan bercampur?
  

Partikel Dasar Penyusun Materi

Dapat berupa :
1)       Atom
ü  Atom adalah partikel terkecil dari suatu unsur yang masih mempunyai sifat-sifat unsur itu
ü                  Atom suatu unsur diberi lambang sama dengan lambang unsur tersebut
ü                  Contoh : Na, Mg, Ba, Ca, Fe

2)       Molekul
§  Molekul adalah partikel netral yang terdiri dari 2 atau lebih atom, baik atom sejenis maupun atom yang berbeda.
§  Molekul yang terdiri dari sejenis atom disebut  Molekul Unsur
§  Molekul yang terdiri dari atom-atom yang berbeda disebut Molekul Senyawa
§  Contoh : H2O; CO2; H2SO4

3)       Ion
Ø  Ion adalah atom atau kumpulan atom yang bermuatan listrik
Ø  Ion yang bermuatan positif disebut Kation, sedangkan ion yang bermuatan negatif disebut Anion
Ø  Ion yang terdiri dari 1 atom disebut Ion Tunggal ( monoatom ), sedangkan ion yang terdiri dari 2 atau lebih atom disebut Ion Poliatom
Ø  Contoh :
Kation Tunggal : Na+, K+
Kation Poliatom : NH4+ , H3O+
Anion Tunggal : Cl-, S2-
Anion Poliatom : NO3-, OH-


Partikel Unsur ( bisa berupa atom ; bisa berupa molekul )
a.        Pada umumnya, setiap unsur termasuk unsur logam mempunyai partikelberupa Atom
b.        Hanya beberapa unsur non logam yang partikelnya berupa Molekul ( contoh hidrogen H2 ; fosforus P4 ; belerang S8 )
c.        Molekul yang terdiri atas 2 atom disebut Molekul Diatomik ( contoh molekul hidrogen, nitrogen )
d.        Molekul yang terdiri atas lebih dari 2 atom disebut Molekul Poliatomik ( contoh molekul fosforus, belerang )

Partikel Senyawa ( bisa berupa molekul ; bisa berupa ion )
o    Dapat berupa Molekul ( disebut Senyawa Molekul ) atau Ion ( disebut Senyawa Ion )
o    Senyawa dari unsur logam termasuk senyawa ion, sedangkan senyawa dari unsur non logam termasuk senyawa molekul.
Contoh senyawa molekul : air ( H2O ) ; senyawa ion : Kalsium karbonat ( CaCO3 )


Rumus Kimia
Menyatakan jenis dan jumlah relatif atom yang menyusun suatu zat.
Dibedakan menjadi 3 :
a.        Rumus Molekul
Menyatakan jenis dan jumlah atom yang menyusun molekul suatu zat
Contoh : rumus molekul air ( H2O )
b.       Rumus Kimia Senyawa Ion
Menyatakan jenis dan jumlah atom yang menyusun suatu senyawa ion
Ciri khas senyawa ion adalah salah satu atom penyusun senyawa tersebut bersifat logam ( letaknya di depan )
Contoh : Mg(NO3)2 ; BaCl2 ; CuSO4 ; NaCl
c.        Rumus Empiris
Disebut juga Rumus Perbandingan; menyatakan jenis dan perbandingan paling sederhana dari atom-atom dalam suatu senyawa
Contoh : Etuna dengan rumus molekul C2H2 dan mempunyai rumus empiris CH
Rumus kimia senyawa ion adalah rumus empiris
Contoh : garam dapur ( NaCl )

www.qmia.co.nr

ALKANA (HIDROKARBON)


Rumus Umum Alkana

Alkana merupakan senyawa hidrokarbon alifatik jenuh, yaitu hidrokarbon dengan rantai terbuka dan semua ikatan karbonnya merupakan ikatan tunggal. Senyawa alkana mempunyai rumus :
CnH2+ 2
(JamesE. Brady)
Nama-nama sepuluh alkana dengan jumlah atom karbon 1 sampai 10 terdapat pada tabel 5.1. Hal ini merupakan dasar nama-nama seluruh senyawa organik.
Jumlah Atom CRumus MolekulNama
1CH4Metana
2C2H6Etana
3C3H8Propana
4C4H10Butana
5C5H12Pentana
6C6H14Heksana
7C7H16Heptana
8C8H18Oktana
9C9H20Nonana
10C10H22Dekana
Gugus Alkil
Gugus alkil adalah alkana yang telah kehilangan satu atom H. Gugus alkil ini dapat dituliskan dengan menggunakan rumus:
CnH2+ 1
Dengan menggantikan satu atom H, maka namanya juga akan berubah dari metana menjadi metil. Berikut ini beberapa gugus alkil yang biasa digunakan.
RumusNama Alkil
CH3 –Metil
C2H5 –Etil
C3H7 –Propil
C4H9 –Butil
Gugus metil dan gugus etil masing-masing hanya sejenis, yaitu:
Gugus propil ada dua jenis, yaitu:
Sedangkan gugus butil ada empat jenis, yaitu:
Tata Nama Alkana
Dalam pemberian nama alkana ini akan sangat sulit jika hanya menggunakan tata nama alkana biasa (metana s.d. dekana, untuk C1 –C10). Hal ini disebabkan adanya isomer-isomer dalam alkana, sehingga perlu adanya nama-nama khusus. Misalnya, awalan normal digunakan untuk rantai lurus, sedangkan awalan iso untuk isomer yang mempunyai satu cabang CH3 yang terikat pada atom karbon nomor dua. Padahal sangat sulit bagi kita untuk memberikan nama pada rantai karbon yang mempunyai banyak sekali isomer. Oleh karena itu, perhimpunan kimiawan internasional pada pertemuan di Jenewa pada tahun 1892 telah merumuskan aturan penamaan senyawa kimia. Tata nama yang mereka rumuskan itu terkenal dengan tata nama IUPAC (International Unionof Pure and Applied Chemistry). Nama yang diturunkan dengan aturan ini disebut nama sistematik atau nama IUPAC, sedangkan nama yang sudah biasa digunakan sebelum tata nama IUPAC tetap digunakan dan disebut dengan nama biasa atau nama trivial.

yu


cicak

yudha kristianto. Diberdayakan oleh Blogger.